Pulau Anti Mainstream Yang Di Kanada Wajib Sekali Dikunjungi

Scriptux.com – Salah satu pulau yang dikenal sebagai tempat tinggal dari viking pertama kali di kawasan utara Amerika. Saat ini pulau satu ini menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib sekali dikunjungi karena antimainstream.

Kenapa disebut antimainstream? yah karena pulau satu ini masih sangat jarang dijamah oleh banyak orang. Pulau satu ini memang belum banyak orang yang mengunjunginya. Pulau yang memiliki sebuah daya tarik yang sama dengan yang ada di Islandia tersebut diberi nama dengan Newfoundland yang terletak di Kanada.

Selama beberapa waktu ini, para wisatawan yang berkunjung sudah mencapai puncaknya. Seperti yang diketahui, jumlah turis yang berkunjung kesana mencapai hingga 2 juta pada tahun 2017. Jumlah turis yang datang tersebut enam kali lebih besar dari total penduduknya.

Tapi 2.414 kilometer ke barat daya, ada pulau berukuran sama dan sama-sama terpencil dan masih sepi turis. Diucapkan ‘Noo-fn-land’, Newfoundland memiliki fjord (tebing-tebing tinggi di antara laut yang tinggi dan curam, seperti di Norwegia dan Islandia).

Pulau ini menjadi permukiman Viking pertama di Amerika Utara (sekitar 400 tahun sebelum Columbus mencapainya). Namun demikian Newfoundland tidak memiliki banyak es seperti di Islandia.

Jika traeveler ingin ke Newfoundland yang masih asri harus naik ke penerbangan tambahan dari Islandia. Dari setengah juta wisatawan tahunan yang mengunjungi Provinsi Newfoundland and Labrador, 80%-nya adalah warga Kanada.

Meskipun tidak memiliki gunung berapi, para traveler juga bisa menikmati pemandangan dengan adanya satwa liar yang bisa membuat mata traveler takjub.

Kebanyakan traveler yang mendatangi Newfoundland karena pemandangan Western Brook Fjord yang di dalamnya adalah rumah bagi paus. Rumah pula bagi gunung es Arktik yang bermigrasi setiap musim panas dari Greenland ke pantai utara dan timur Newfoundland.

Fjord itu sendiri dapat dilalui dalam tiga jam. Kamu juga bisa mendakinya, karena termasuk atraksi tertinggi di Pulau Newfoundland. Tidak jauh dari sana, traveler dapat menyaksikan matahari terbenam di Samudra Atlantik .

Terletak di ujung Great Northern Peninsula, L’Anse aux Meadows National Historic Site ada permukiman arkeologi Norse atau Viking. Usianya sudah 1.000 tahun.

Traveler pasti bertanya-tanya bagaimana kehidupan yang terisolasi di sudut terjauh bumi ini. Newfoundland di masa sekarang adalah perukiman yang berpusat di ibu kota St. John’s, Newfoundland dan Labrador memiliki penduduk sekitar 200.000 orang.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Newfoundland pada bulan Mei-Juni saat bergeraknya gunung es. Di bulan Juni-Agustus untuk cuaca yang baik saat pendakian, bulan Mei-September untuk melihat ikan paus.